-->

Kia Siap Luncurkan SUV Listrik EV9, Siap Saingi Mercedes EQB dan Hyundai Ioniq 7

    Kia Siap Luncurkan SUV Listrik EV9

    Kia Siap Luncurkan SUV Listrik EV9

    Kia Siap Luncurkan SUV Listrik EV9, Siap Saingi Mercedes EQB dan Hyundai Ioniq 7-Kia mulai memperkenalkan serangkaian mobil listrik mereka dengan EV6, dan merek Korea tersebut memiliki sembilan kendaraan listrik lainnya yang akan dirilis hingga tahun 2027. Salah satu model baru pertama mereka adalah SUV besar EV9.

    EV9 merupakan kendaraan listrik pertama Kia yang dirancang dengan modul E-GMP platform. Meskipun belum dirilis secara resmi, namun prototipe yang hampir selesai dikembangkan telah dipamerkan dalam beberapa gambar. Kemunculan EV9 diprediksi akan segera dilakukan pada pertengahan bulan Maret ini.

    Kia Siap Luncurkan SUV Listrik EV9

    Tak hanya itu, Kia juga merilis gambar-gambar terbaru yang menunjukkan kemiripan antara versi produksi dengan konsep mobil EV9 yang diperkenalkan pada tahun 2021. Dari segi desain, Kia mempertahankan karakteristik mobil konsep dengan proporsi kotak yang kuat dan lampu depan LED yang terdiri dari beberapa elemen berbentuk huruf L.

    Kia Siap Luncurkan SUV Listrik EV9

    Meskipun mobil konsep EV9 memiliki roda berukuran besar dengan desain segitiga yang mencolok, namun mobil produksi akan menggunakan roda berukuran 21 inci yang lebih konvensional. Desain eksterior dan interior mobil akan diungkap secara lengkap pada akhir bulan Maret.

    Kia Siap Luncurkan SUV Listrik EV9

    Dalam hal interior, EV9 diprediksi akan menggunakan inspirasi dari konsep mobil EV9 yang memiliki kabin dengan tujuh kursi. Layar 27 inci yang akan menjadi salah satu layar terbesar yang pernah dipasang pada mobil produksi dan akan terpasang di bagian atas dashboard. Interior mobil yang futuristik ini juga akan memiliki desain yang cukup minimalis, dengan sedikit tombol fisik dan kemungkinan tidak menggunakan kemudi berdesain oval seperti pada mobil konsep.

    Selain itu, Kia juga menekankan pada aspek keberlanjutan dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan pada interiornya. Bahan fabric pada kursi dibuat dari botol plastik daur ulang dan serat wol, sedangkan lantainya menggunakan jaring-jaring pancing yang sudah tidak digunakan lagi. Kia juga merencanakan untuk menghilangkan penggunaan kulit hewan pada mobil-mobil produksinya di masa depan.



    Kia EV9 memiliki panjang 4.930mm, lebar 2.055mm, dan tinggi 1.790mm, sehingga lebih besar daripada SUV Kia Sorento dan hanya 1cm lebih pendek dari mobil Telluride yang dijual di Amerika Utara. EV9 akan menempati posisi lebih tinggi di jajaran SUV listrik Kia, dengan tiga baris kursi yang dapat menyaingi Mercedes EQB dan Hyundai Ioniq 7.

    Mobil ini juga menggunakan platform modular E-GMP yang sama dengan Ioniq 7, sehingga besar kemungkinan EV6 dengan baterai 77.4 kWh akan digunakan pada EV9. Selain itu, Kia juga menjanjikan opsi motor tunggal dan ganda, serta arsitektur listrik 800V yang memungkinkan pengisian daya super cepat hingga 350kW, sama seperti yang ada pada EV6.

    Di dalam Konsep EV9, kabin dapat mengubah tata letaknya tergantung pada tiga pengaturan yang dipilih. Ada 'Mode Aktif' untuk pengaturan yang berfokus pada pengemudi, sementara 'Mode Jeda' dapat digunakan ketika mobil berhenti - memutar kursi depan dan baris ketiga, mengubah baris kedua menjadi meja untuk meniru "lounge kelas satu". ‘Mode Enjoy’ membuat ketiga baris kursi menghadap pintu bagasi, yang terbuka memberikan kesempatan bagi penumpang untuk terhubung dengan lingkungan sekitar. 

    Dengan pengaturan kursi yang dapat disesuaikan, pengemudi dan penumpang dapat mengalami kenyamanan dan fleksibilitas dalam mengatur ruang kabin. Selain itu, Konsep EV9 juga dilengkapi dengan teknologi canggih, seperti layar sentuh besar dan kontrol suara, yang memungkinkan pengemudi untuk mengoperasikan berbagai fitur mobil tanpa mengalihkan perhatian mereka dari jalan.

    Dengan desain futuristik dan teknologi terbaru, Konsep EV9 menawarkan pengalaman berkendara yang unik dan inovatif bagi pengemudi dan penumpang. Kia berkomitmen untuk menjadi penyedia solusi mobilitas yang ramah lingkungan dengan menghasilkan kendaraan listrik yang berkelanjutan.
    LihatTutupKomentar