-->

AC Tidak Dingin Kenapa! Berikut Ini Cara Mengatasinya

    AC Tidak Dingin

    AC Tidak Dingin Kenapa! Berikut Ini Cara Mengatasinya - Gimana rasanya bila AC rumah tidak dingin, pasti menyebalkan sekali. Karena bagi sebagian orang yang sudah terbiasa memakai AC maka itu merupakan bagian penting dari sebuah Rumah, apalagi buat yang tinggal di daerah padat penduduk sehingga udara terasa pengap dan panas.

    AC Tidak Dingin Kenapa! Berikut Ini Cara Mengatasinya

    Dengan dingin nya AC di rumah membuat suasana jadi nyaman dan kita jadi betah dirumah. Namun jika AC dirumah tidak dingin ini merupakan suatu masalah. Berikut ini Bang AK mau kasih tips mengatasi AC rumah serta penyebab nya bila AC rumah tidak dingin semoga bermanfaat.
    Kengapa AC tidak dingin? Apa Penyebanya?

    AC Hidup, Tapi Gak Dingin

    Dirumah sudah menyalakan AC dengan ukuran derajat AC paling dingin namun belum juga terasa dinginnya, maka bisa di lihat beberapa aspek yang menyebabkan AC tidak dingin walaupun hidup dan sudah memencet ukuran derajat AC paling dingin 16-18 derajat celcius. Penyebab nya bisa karena kotor, Kipas diluar matiatau tidak berputar, Isi freon habis, dll.

    Namun sebelum ketahap AC kotor, kita sebaik nya menetahui kapan waktunya AC memang harus di cuci. Jika Anda orang yang teliti maka sebaik nya mencuci AC itu satu bulan sekali

    Beberapa hal yang bisa Anda kenali jika memang AC saat nya harus di cuci.
    • Terlihat kotoran pada casing AC, jika Anda melihat sudah ada kotoran pada casing atau penutup AC maka itu merupakan saat nya AC di cuci.
    • Air menetes dari AC, jika AC dihidupkan lalu menetes Air pada AC maka itu merupakan suatu tanda bahwa saat nya AC di cuci.

    1. AC KOTOR

    Cobalah mencuci AC Anda berkala sehingga tidak sampai kotor sekali dan mencegah terjadinya kerusakan sehingga AC lebih awet dan tahan lama. Anda bisa panggil tukang AC langganan atau cuci sendiri.

    Cara mencuci AC sendiri dirumah
    Siapkan terlebih dahulu perlengkapan untuk membersihkan atau mencuci AC dan pastikan sebelum memulai berdoa dahulu serta mencabut sambungan aliran listrik AC. 

    Berikut ini alat yang harus Anda persiapkan untuk membersihkan AC :
    • Sikat gigi bekas, kuas cat yang bersih
    • Kemoceng
    • Obeng
    • Cairan pembersih,
    • Penyedot debu (vacuum cleaner)
    • Air secukupnya, dan
    • Lap kanebo.
    • Masker dan sarung tangan.
    Jika semua alat sudah ready, maka lakukanlah hal berikut ini untuk membersihkan AC dirumah Anda.
    1. Bukalah penutup AC, Casing dibuka dengan membuka bagian baut atau sekrup menggunakan obeng, jika penutup atau casing sudah terbuka lalu akan terlihat Filter AC. Anda bisa melihat keadaan filter AC jika ada kerusakan bisa Anda ganti dengan yang filter yang baru.
    2. Bersihkan Filter AC, jika filter AC tidak rusak maka langsung ketahap pembersihan pada Filter AC. Bersihkan dari kotoran debu-debu yang menempel pada Filter AC. Gunakanlah alat yang bisa membersihkan secara sempurna dengan kemoceng, kuas dan sikat gigi serta kain lap atau kanebo dan alat penyedot debu.
    3. Lepaskan Filter AC, Untuk hasil maksimal membersihkan Filter AC dengan cara melepasnya dari mesin AC lalu kemudian barulah mencuci Filter AC dengan direndam terlebih dahulu menggunakan cairan khusus, jika tidak ada bisa menggunakan sabun cuci piring.
    4. Menggososk Filter AC, gosok dengan perlahan saat sambil merendam Filter, gunakan kuas dan sikat gigi dengan hati-hati. Jangan menggosok terlalu keras karena bisa merusak Filter AC.
    5. pengeringan, Jika sudah bersih dengan sempurna maka lakukan pengeringan dengan cara di angin-angin kan sebentar sambil dijemur ditempat yang bersih.
    6. Bersihkan Komponen AC, sambil menunggu kering Filter AC, Anda bisa membersihkan bagian lain pada AC yang bisa Anda bersihkan, misal nya mengelap Body AC, Membersihkan Selang dengan mendorong dengan Alat semprotan air, siapa mencegah penyumbatan, dll.
    7. Pasang kembali Filter AC, jika filter sudah benar-benar kering dan bersih maka pasanglah kembali fiter tadi pada AC.
    8. Untuk bagian luar AC, sebaik nya maintenance nya oleh ahlinya langsung tukang AC yang Anda percaya kelayakannya.
    9. Nyalakan kembali AC, dan rasakanlah AC sudah terasa dingin kembali.

    2. Freon AC berkurang atau habis

    Jika langkah pertama sudah dilakukan akan tetapi AC dirumah Anda tidak juga dingin maka cobalah minta diperikasa oleh tukang AC langganan Anda apakah yang terjadi, sebaik nya kalo Anda tidak mengerti Elektronik saran Bang AK serahkan saja pada ahlinya. Namun saran Saya benar-benar cari tukang AC yang memang sudah terkenal kredibilitas nya, jangan sembarangan tukang AC.

    Pengalaman pribadi Bang AK pernah mengalami AC tidak dingin setelah dicuci, mesin AC dinyalakan juga hidup, ternyata mesin bagian luar bermasalah yaitu pada kipas mesin yang tidak berputar, jadi kita bisa juga mengecek sendiri dahulu sebelum yakin benar kalo Freon yang berkurang.

    Lihat pada mesin luar AC apakah kipas nya berputar saat AC dihidupkan, karena itu juga bisa menyebabkan AC tidak dingin. Untuk kipas yang tidak berputar cukup mengganti kapasitor nya saja sehingga tidak perlu isi Freon AC.

    Itulah tadi artikel mengenai Ac Tidak Dingin Kenapa Berikut Ini Cara Mengatasinya, semoga bisa bermanfaat bagi semua.
    LihatTutupKomentar